Fakta Unik Dunia

Menyajikan Informasi Fakta Unik Dunia

Pendidikan

Arti Kurva Permintaan Uang

Arti Kurva Permintaan Uang

Arti Kurva Permintaan Uang

Arti Kurva Permintaan Uang

Kurva Permintaan uang

Menurut salah satu pakar ekonomi terkemuka yaitu John Maynard Keynes kurva permintaan uang dapat digambarkan dengan mengacu dari motivf-motif manusia dalam memiliki dan menyimpan uang tunai yaitu motif motif untuk melakukan transaksi, motif untuk berjaga-jaga dan motif melakukan spekulasi, ketiga motif tersebut dalam ilmu ekonomi dikenal dengan istilah “liquidity preference”.

Adapun gambar kurva permintaan uang dengan mengacu pada ketiga motif tersebut adalah sebagai berikut:

Gambar Kurva Permintaan Uang berdasarkan Motif Transaksi

Pendapatan seseorang sangat mempengaruhi besar-kecilnya jumlah permintaan uang untuk transaksi. Dengan demikian apabila seseorang memiliki pendapatan yang tinggi maka jumlah uang yang diperlukan untuk transaksi juga tinggi, begitu juga sebaliknya apabila seseorang berpendapatan rendah maka jumlah uang yang diperlukan untuk melakukan transaksi keuangan juga rendah. Dengan mengacu pada konsep tersebut maka kurva permintaan uang berdasarkan motif transaksi digambarkan sebagai berikut:

Kurva permintaan uang motif bertransaksi

Berdasarkan gambar kurva di atas maka terlihat bahwa ketika terjadi kenaikan tingkat pendapatan (dari Y0 ke Y1) maka jumlah uang yang dibutuhkan untuk transaksi juga meningkat (dari M0 ke M1).

Gambar Kurva Permintaan Uang berdasarkan Motif Berjaga-jaga

Pendapatan seseorang selain mempengaruhi terhadap besar-kecilnya jumlah permintaan uang untuk transaksi, juga sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya jumlah permintaan uang untuk berjaga-jaga. Jadi  semakin besar pendapatan seseorang, maka akan berakibat besarnya jumlah uang yang diperlukan untuk berjaga-jaga. Kurva permintaan uang berdasarkan motif berjaga-jaga digambarkan dalam kurva berikut ini:

Kurva permintaan uang motif berjaga-jaga

Berdasarkan gambar kurva di atas maka terlihat bahwa ketika terjadi kenaikan tingkat pendapatan (dari Y0 ke Y1) maka jumlah uang yang dibutuhkan untuk berjaga-jaga juga meningkat (dari M0 ke M1).

Gambar Kurva Permintaan Uang berdasarkan Motif Spekulasi

Suku Bunga sangat mempengaruhi besar kecilnya permintaan uang yang digunakan untuk berspekulasi. Apabila tingkat suku bunga tinggi maka jumlah permintaan uang untuk berspekulasi rendah dan sebaliknya jika suku bunga rendah maka jumlah permintaan uang untuk berspekulasi tinggi. Dengan demikian Hubungan antara tingkat suku bunga dengan jumlah permintaan uang untuk kegiatan spekulasi berbanding terbalik, hal ini disebabkan karena apabila suku bunga tinggi maka masyarakat akan lebih tertarik menabung di bank daripada untuk berspekulasi. Sedangkan ketika suku bunga rendah maka masyarakat akan berlomba-lomba untuk melakukan kegiatan spekulasi (baik dipasar modal maupun pasar uang) sehingga jumlah permintaan untuk kegiatan spekulasi tinggi.  Kurva permintaan uang berdasarkan motif spekulasi digambarkan sebagai berikut:

Kurva permintaan uang motif berspekulasi

Berdasarkan kurva di atas maka terlihat ketika terjadi kenaikan suku bunga dari r0 ke r1 maka permintaan uang untuk spekulasi menurun dari M0 ke M1.


Sumber:

https://www.gurupendidikan.co.id/

Comments are Closed

Theme by Anders Norén