Fakta Unik Dunia

Menyajikan Informasi Fakta Unik Dunia

Pendidikan

Disdik Bengkalis Gelar Rakor NPD dan Managemen Sekolah

Disdik Bengkalis Gelar Rakor NPD dan Managemen Sekolah

Disdik Bengkalis Gelar Rakor NPD dan Managemen Sekolah

Disdik Bengkalis Gelar Rakor NPD dan Managemen Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Sakura beserta jajarannya antara lain Kepala Bidang (Kabid) SMP, Kabid SD, Kabid Ketenagaan dan staffnya, Kamis (2/2/2017) menggelar pertemuan dengan seluruh Kepala Sekolah mulai dari TK/PAUD, SDN, SMPN se Kecamatan Bukit Batu dan Siak Kecil.

Pertemuan yang dipusatkan di Aula Wisma Pertamina RU II Sungai Pakning itu selain dihadiri oleh sejumlah Kepala Sekolah, juga terlihat Kepala UPTD Pendidikan Bukit Batu Sofyan,S.Pd dan Kepala UPTD Pendidikan Siak Kecil Drs. Suyono.

Adapun maksud dari pertemuan itu adalah untuk melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) sosialisasi Neraca Pendidikan Daerah, dan juga hal yang berkaitan dengan managemen sekolah.

Kepala Disdik Kabupaten Bengkalis Edi Sakura dalam pengarahannya mengatakan bahwa Neraca Pendidikan Daerah (NPD) merupakan salah satu cara untuk menggali informasi penting tentang potret pendidikan dan penganggaran pada suatu daerah. Dengan memahami NPD setiap orang tidak saja dapat mengetahui besaran anggaran pendidikan dan kinerja suatu daerah tetapi juga dapat berpartisipasi aktif dalam memecahkan berbagai masalah pendidikan.

“Bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah NPD dapat digunakan sebagai

acuan dalam menyusun kebijakan dan meningkatkan kinerjanya, sekaligus untuk memperkuat ekosistem pendidikan dalam meningkatkan mutu dan akses pendidikan. Dengan data yang disajikan pada NPD ini pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dapat bersinergi lebih optimal demi mewujudkan pendidikan yang bermutu, terjangkau dan berkeadilan.” Jelas Edi pria berkumis tebal ini.

Sedangkan manfaat NPD papar Edi Sakura antara lain untuk meningkatkan

koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, meningkatkan kapasitas Pemerintah Daerah untuk melaksanakan desentralisasi pendidikan, menerapkan sistem pembiayaan pendidikan berbasis kinerja pada semua jenjang pemerintahan termasuk penerapan desentralisasi asimetris untuk bidang pendidikan.

“NPD juga bermanfaat untuk mendorong pelaksanaan manajemen berbasis

sekolah, meningkatkan efektivitas pelaksanaan program pembangunan di bidang pendidikan dan dapat memperkuat ekosistem pendidikan melalui sinergi antara pemerintah, pelaku dan pegiat pendidikan, media, orang tua, tokoh masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat,” tuturnya.

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/NORoL0c1gC57kE8

Comments are Closed

Theme by Anders Norén