Fakta Unik Dunia

Menyajikan Informasi Fakta Unik Dunia

Pendidikan

Komponen Aset Bank

Komponen Aset Bank

Komponen Aset Bank

Table of Contents

Komponen Aset Bank

Komponen Aset Bank

Komponen Aset Bank

  1. Cash Reserve / (RR) reserve requirement

Sebagai pelaku lalu lintas keuangan, wajib hukumnya untuk dapat menyertakan RR kepada otoritas bank Negara setempat (BI), adapun RR ini berfungsi untuk menjaga likuiditas dan kegiatan kliring yang biasa dilakukan antar bank.  Dalam menjaga ketersediaan RR ini dapat dilihat dengan menggunakan CAR (capital adequacy ratio) rasio kecukupan modal, yang saat ini nilai minimum yang ditetapkan pemerintah menerut Peraturan BI No.7/15/2005 adalah sebesar 80 milyar untuk bank berpredikat kinerja baik dengan modal inti diatas 100 milyar.

CAR(Capital Adequacy Ratio) adalah rasio kecukupan modal yang berfungsi menampung risiko kerugian yang kemungkinan dihadapi oleh bank. Semakin tinggi CAR maka semakin baik kemampuan bank tersebut untuk menanggung risiko dari setiap kredit/aktiva produktif yang berisiko. Jika nilai CAR tinggi maka bank tersebut mampu membiayai kegiatan operasional dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi profitabilitas.

Capital Adequacy Ratio menurut Lukman Dendawijaya (2000:122) adalah ” Rasio yang
memperlihatkan seberapa jauh seluruh aktiva bank yang mengandung risiko (kredit,
penyertaan, surat berharga, tagihan pada bank lain) ikut di biayai dari dana modal sendiri bank disamping memperoleh dana – dana dari sumber – sumber di luar bank , seperti dana dari masyarakat , pinjaman , dan lain – lain.

CAR merupakan indikator terhadap kemampuan bank untuk menutupi penurunan aktivanya sebagai akibat dari kerugian – kerugian bank yang di sebabkan oleh aktiva yang berisiko.

                    Modal bank
CAR= ——————————— x 100%
Aktiva tertimbang menurut risiko

Selain dengan rasio diatas, bank juga dapat mengukur efektifitas dari fungsinya sebagai penyalur  pinjaman dengan menggunakan rasio LDR (loan to deposits ratio) besaran maksimum yang ditetapkan pemerintah adalah 110%.

Sumber : https://synthesisters.com/

Comments are Closed

Theme by Anders Norén