Fakta Unik Dunia

Menyajikan Informasi Fakta Unik Dunia

Teknologi

Mengakses Gmail Tanpa Koneksi Internet? Bisa!

Mengakses Gmail Tanpa Koneksi Internet? Bisa!

Mengakses Gmail Tanpa Koneksi Internet? Bisa!

Mengakses Gmail Tanpa Koneksi Internet? Bisa!

 

 Mengakses Gmail Tanpa Koneksi Internet? Bisa!

Mengakses Gmail Tanpa Koneksi Internet? Bisa!

Seperti peribahasa “membaca sms bisa, mengecek email tidak bisa”, artinya beberapa hal memerlukan bantuan lebih untuk bisa dilakukan. Seperti sms yang tanpa internet, namun email yang memerlukan koneksi internet untuk bisa membukanya. Tapi itu dulu. Sekarang tidak lagi!

Buat beroh beroh yang hobi travelling, dan kadang berhadapan dengan situasi susah internet dan / atau internet super lemot mau buka gmail aja lama banget banget terus emosi banget banget banget sampe pengen pecah gelas dan tebalikin meja, bisa nih dicoba metode menggunakan Gmail secara offline.

Seperti yang dilansir google support sebagai panduan / tips resmi dari gmail sendiri, fitur ini adalah sebuah teknik mengakses dan mengapa-apakan google mail kita tanpa membutuhkan koneksi internet. Disebutnya adalah “Google Offline”. berikut penjelasannya:

Gmail offline beta adalah sebuah Gmail Chrome app yang dibuat untuk mendukung akses offline (tanpa internet), sehingga email dapat dibaca, direspond, di”search” dan di archive tanpa membutuhkan akses internet sama sekali. Jadi setelah dibuka, Gmail offline akan otomatis mensinkronisasi pesan-pesan inbox dan sejumlah interaksi yang telah/sedang dilakukan ketika Chrome berjalan dengan menggunakan internet. Jadi waktu koneksi putus/hilang, beroh sekalian tetep bisa melakukan apa aja di gmail.

Lebih dari sekedar aplikasi offline, Gmail Offline ini diklaim mampu menyajikan

respon yang luar biasa cepat dengan 100% totalitas dan fokus sebagai aplikasi email yang aduhai. Gimana sih caranya? nih begini:

pertama, dapatkan aplikasinya untuk browser Google Chrome nya di sini: Install Gmail Offline. terus langkahnya gimana? nih:

Buka Gmail Offline app.
Klik ikon setting yang ada di kanan atas iOS Gear Icon
Di bagian drop-down menu yang tulisannya Download mail from past, pilih mau sinkronisasi week, 2 weeks, atau month.
Pencet / klik Apply.

Beberapa catatan yang perlu diingat:

Kalau beroh menutup Google Chrome waktu online, auto sinkronisasi akan ikut stop. Jadi pastikan Chrome tetap terbuka kalau beroh sekalian mau perubahan ketika online ikut terekap di Gmail Offline juga.
Kalau beroh nulis di Gmail Offline dari browser Chrome, tapi kemudian nanti waktu online mengakses Gmail dari browser selain Chrome, perubahan yang beroh lakukan di gmail tidak akan teraplikasikan. Jadi tetap pakai Google Chrome yah! (btw Chrome juga default browser saya kok. Lain waktu akan saya bahas kenapa lebih mending Chrome, bukan yang lain!)

Tapi ingat ya, para sesepuh IT selalu berkata tidak bosan-bosan, bahwa “tidak ada

sistem keamanan yang 100% aman, semahal apapun ongkosnya”. Beberapa hal untuk diwaspadai dalam penggunaan Gmail Offline:

Email kita tersinkronisasi ke storage Google Chrome di komputer / laptop yang diinstalin Gmail Offline. Artinya, ada potensi orang yang menggunakan laptop tersebut bisa mengakses email kita meskipun offline. Nah, supaya aman, jangan sekali kali menginstall Gmail Offline di Chrome ke komputer publik / shared / warnet / apapun yang bukan milik kita pribadi.

Nah, terakhir adalah langkah kalau udah gakmau pakai Gmail Offline lagi, yaitu

untuk menghapus offline data offline:

Ketik chrome://settings/cookies ke address bar dan tekan Enter.
Cari yang ada tulisannya mail.google.com.
Pencet Remove all.
Pencet Done dan tutup tab anda.

Semoga tips nya berguna yah, yang jelas asik dan efisien banget deh pakai Gmail Offline, serius kaya band dibawah ini nih..

Sumber:

https://anekababyshop.co.id/dustoff-apk/

Comments are Closed

Theme by Anders Norén