Fakta Unik Dunia

Menyajikan Informasi Fakta Unik Dunia

Pendidikan

Pastikan Pencairan KIP di Daerah, Mendikbud Kunjungi Pulau Barrang Lompo

Pastikan Pencairan KIP di Daerah, Mendikbud Kunjungi Pulau Barrang Lompo

Pastikan Pencairan KIP di Daerah, Mendikbud Kunjungi Pulau Barrang Lompo

Pastikan Pencairan KIP di Daerah, Mendikbud Kunjungi Pulau Barrang Lompo

Kemendikbud — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengunjungi Pulau Barrang Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan, dalam rangka memantau pencairan dana manfaat dari Program Indonesia Pintar (PIP). Kunjungan kerja Mendikbud ke Pulau Barrang Lompo dilakukan untuk memastikan kelancaran distribusi Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan pencairan dananya hingga ke daerah-daerah.

Untuk mencapai Pulau Barrang Lompo, Mendikbud dan rombongan harus menaiki perahu dari Pantai Losari, Makassar, dan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam hingga tiba di Dermaga Barrang Lompo. Pulau Barrang Lompo merupakan daerah admistratif Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar. Salah satu cara pencairan dana manfaat PIP di pulau ini juga dilakukan di sebuah kapal milik bank penyalur yang diberi nama Kapal Pintar.

Setibanya di SDN Inpres Barrang Lompo, Mendikbud dan rombongan disambut dengan antusias oleh warga dan siswa SD, SMP dan SMA setempat. Ratusan orang hadir di SDN Inpres Barrang Lompo yang menjadi tuan rumah pencairan dana manfaat PIP secara simbolik di Pulau Barrang Lompo.

“Alhamdulillah penyaluran KIP di sini berjalan dengan lancar. Kami menyampaikan terima kasih kepada bank penyalur,” ujar Mendikbud di SDN Inpres Barrang Lompo, Rabu (16/11/2016). Ia juga mengatakan, KIP bertujuan untuk menjamin anak-anak dari keluarga tidak mampu agar tetap bisa mendapatkan layanan pendidikan.

“Gunakan dana KIP dengan sebaik-baiknya untuk mendukung aktivitas kalian bersekolah,” pesan Mendikbud kepada para siswa penerima KIP di Pulau Barrang Lompo.

Dalam sambutannya, Mendikbud juga kembali menekankan pentingnya pendidikan

karakter. Ia mengatakan, Indonesia harus menyiapkan generasi muda yang tidak hanya pintar, tetapi juga berbudi pekerti baik.

Mendikbud sempat menantang siswa-siswa yang hadir untuk melafalkan Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Ia pun bangga, dan mengapresiasi siswa-siswa Pulau Barrang Lompo yang terbukti hafal Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, tidak kalah dengan siswa lain di daerah perkotaan.

“Ini contoh yang baik yang ditanamkan para guru di pulau ini, dengan menanamkan cinta tanah air dan memperkuat nasionalisme,” kata Mendikbud.

Sekretaris Daerah Kota Makassar, Ibrahim Saleh, mengaku senang atas kunjungan

kerja Mendikbud ke Pulau Barrang Lompo. “Perhatian Mendikbud di pulau ini sangat kami tunggu-tunggu. InsyaAllah 12 kepulauan di sini akan kami bentuk satu kecamatan. Semoga koordinasi pendidikan semakin baik, salah satunya melalui KIP ini,” ujarnya.

Ibrahim mengatakan, di Kota Makassar terdapat 22.517 penerima KIP untuk

tingkat SD dan 6.220 untuk SMP, sedangkan 577 penerima di antaranya ada di Pulau Barrang Lompo. Ia juga mengatakan, Walikota Makassar juga memiliki program agar setiap siswa memiliki keahlian satu bidang olahraga dan satu jenis kesenian. (Seno Hartono/Desliana Maulipaksi)

 

Sumber :

https://www.ayoksinau.com/

Comments are Closed

Theme by Anders Norén