Fakta Unik Dunia

Menyajikan Informasi Fakta Unik Dunia

Pendidikan

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah dasar dari hubungan dalam bentuk tindakan berdasarkan norma-norma sosial dan nilai-nilai yang berlaku dan diterapkan di masyarakat. Dengan nilai-nilai dan norma-norma, interaksi sosial itu sendiri bisa terjadi jika aturan – aturan dan nilai-nilai – nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik. Jika kurangnya kesadaran pribadi masing – masing, proses sosial itu sendiri tidak dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Dalam kehidupan sehari-hari – orang tentu tidak bisa lepas dari hubungan antara satu sama lain, itu akan selalu perlu mencari individu atau kelompok untuk dapat berinteraksi atau bertukar pikiran.

Menurut Prof. Dr. Soerjono Soekamto di pengantar sosiologi, interaksi sosial adalah rotasi kunci semua kehidupan sosial. Dengan tidak adanya komunikasi atau interaksi antara satu sama lain maka mungkin ada kehidupan bersama. Jika hanya garis fisik terlihat antara satu sama lain, tidak dapat menghasilkan bentuk kelompok sosial dapat berinteraksi.

Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa interaksi merupakan dasar dari suatu bentuk proses sosial karena kurangnya interaksi sosial, aktivitas satu orang ke orang lain tidak bisa disebut interaksi.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Menurut Astrid. S. Susanto

Interaksi sosial adalah hubungan antara mereka yang memproduksi hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial. Hasil interaksi ditentukan oleh nilai dan makna dan interpretasi yang diberikan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam interaksi ini.

Menurut Bonner

Interaksi sosial adalah hubungan antara dua atau lebih individu yang berinteraksi, mengubah, atau memperbaiki perilaku individu lain atau sebaliknya.

Menurut Kimball Young

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antara individu, antara individu dan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok lain.

Menurut Raymond W. Mack

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antara individu, antara individu dan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok lain.

Menurut Soerjono Soekamto

Interaksi sosial adalah proses sosial dasar yang terjadi karena hubungan sosial yang dinamis, termasuk hubungan antar individu, antar kelompok, atau antara individu dan kelompok.

Menurut Gullin

Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis antara individu, individu dan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

Menurut Maryati

Interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok.

Menurut Suryawati

Interaksi sosial adalh hubungan manusia yang menghasilkan suatu proses mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial.

Menurut Murdiatmoko

Interaksi sosial adalh hubungan antar manusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial.

Menurut Handayani

Interaksi sosial adalh hubungan antara manusia yang menghasilkan proses hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial.

Sumber : https://pensil.co.id/

Comments are Closed

Theme by Anders Norén