Fakta Unik Dunia

Menyajikan Informasi Fakta Unik Dunia

Pendidikan

Siklus Pelaporan Keuangan

Siklus Pelaporan Keuangan

Table of Contents

Siklus Pelaporan Keuangan

Siklus Pelaporan Keuangan

Berdasarkan prinsip kelangsungan usaha, entitas diharapkan untuk melakukan kegiatan usaha dalam jangka waktu yang tidak tebatas. Oleh karena itu, entitas akan terus menerus melakukan transaksi yang mengakibatkan persamaan akuntansi akan terus berubah. Dalam kondisi semacam ini, informasi keuangan akan menjadi paling andal jika pelaporan dilakukan pada saat entitas sudah berhenti melakukan transaksi (tidak ada perubahan informasi lagi). Namun, karena pelaporan tidak mungkin menunggu hingga entitas berhenti melakukan transaksi, maka pelaporan keuangan dilakukan setiap periode. Sehingga, posisi keuangan yang dilaporkan entitas adalah posisi keuangan yang sudah berhenti hingga periode tersebut. Periode pelaporan ini ditentukan lamanya secara konsisten, tujuannya agar laporan keuangan dapat diperbandingkan antar periode, baik antar periode dari sebuah entitas maupun antar periode antar entitas. Kebanyakan entitas di dunia ini memilih periode pelaporan yang dimulai dari 1 Januari dan berakhir 31 Desember.

Setiap periode pelaporan memiliki urutan kegiatan akuntansi dari awal periode hingga akhir periode. Kegiatan akuntansi ini akan berulang setiap periode pelaporan, dan disebut sebagai siklus pelaporan. Berikut ini merupakan urutan siklus pelaporan yang akan dibahas satu per satu dalam bab ini:

  1. Identifikasi dan pengukuran transaksi
  2. Penjurnalan transaksi dalam akun-akun
  3. Pemindahan akun-akun dari jurnal ke buku besar akun (pemindahbukuan/posting) dan penghitungan saldo akun dalam buku besar
  4. Penyusunan saldo sebelum penyesuaian
  5. Penyesuaian
  6. Penyusunan saldo setelah penyesuaian
  7. Pencatatan penutup
  8. Penyusunan laporan: Neraca, Perubahan Ekuitas, Laba/Rugi, Aliran Kas
  9. Pencatatan pembalik.

Jika digambarkan dalam garis waktu, maka tahapan 1-3 merupakan tahapan dalam periode berjalan (1 Januari hingga 31 Desember), sedangkan tahapan 4-9 merupakan tahapan dalam akhir periode akuntansi (31 Desember, atau saat pelaporan keuangan). Berikut ini gambar garis waktu untuk menunjukkan siklus pelaporan keuangan:

grafik.png

Baca Juga :

Comments are Closed

Theme by Anders Norén